x

Unit Pelaksana PKH Akui Banyak Peserta PKH Keuangannya Bermasalah

BLITAR - Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, diketahui kebanyakan penerima PKH di kota Blitar khususnya yang bersekolah di lembaga sekolah swasta ternyata mempunyai banyak tunggakan biaya sekolah yang besar. Diduga beberapa penerima tidak membayarkan bantuan yang diterima untuk membayar tunggakan sekolah, namun digunakan untuk keperluan lain.
Imam Nawawi koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) kota Blitar pada Sabtu (20/08), mengatakan bahwa belajar dari kejadian di pembayaran tahap pertama pada bulan Pebruari dan kedua pada bulan Juli lalu dalam pencairan PKH tahap ketiga nanti, pihaknya langsung melakukan pengawalan ke semua penerima PKH. Agar bantuan yang diterima langsung dibayarkan ke sekolah, sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran. Bahkan Imam mengaku sudah berkoordinasi dengan masing-masing lembaga sekolah, tempat penerima PKH menuntut ilmu untuk mengetahui total tunggakan, dan perilaku serta prestasi penerima PKH sebagai bahan pertimbangan untuk pelaporan khusus ke pusat.
Lebih lanjut Imam menambahkan, khusus untuk penerima PKH yang bersekolah di sekolah negeri, UPPKH bekerjasama dengan sekolah memotong 50 ribu dari total dana yang di terima setiap tahapan untuk di tabung di sekolah. Sementara sisanya bisa di gunakan untuk biaya lain yang berkaitan dengan sekolah.(ram) 
Share icon